Langsung ke konten utama

Logical database design and the relational model

Logical Database design

logical database design adalah proses transformasi dari konsep data model kedalam logical data model

Logical Database Design juga bisa memproses pembuatan model dari data yang sudah ditentukan baik dari segi spesifikasi dan modelnya,

Bisa juga Mengkonversi hasil desain basis data konseptual ke dalam skema basis data pada DBMS,atau mengubah skema ER kedalam skema database relasional.

Model data yang sudah didapat diubah kedalam logical model yang data tersebut ada pengaruhnya oleh model data hingga menjadi tujuan basis data,

hal tersebut dilakukan untuk menterjemahkan representasi konseptual ke bentuk struktur logical basis data.

Logical data model adalah sumber informasi dalam perancangan physical database,

Logical database design juga memberikan sarana yang membantu para perancang physical database

Logical database design juga bisa menentukan data yang akan dikelompokan dalam suatu file database,hal yang terpenting nya adalah model relasi dan proses normalisasi,

Proses normalisasi adalah pengelompokan data dijadikan satu berdasarkan entity dan relasinya

Relation Model

model data relasional merupakah model yang menggunakan tabel dua dimensi dalam teori basis data yang diantaranya adalah baris dan kolom

model ini mempresentasikan cara pengelolaan data secara fisik di memory sekunder yang bisa berdampak pada bagian pengelompkan data sehingga membuat seluruh data terkait dalam sistem yang dibuat

benefit nya antara lain:
-bentunya simpel
-pengoperasian yang mudah (CRUD)

model relasional ini adalah model yang paling banyak digunakan

istilah-istilahnya antara lain

Relasional Key

terdiri dari

-Super Key
-candidate key
-primary key
-alternate key
-foreign key

Relasional Integrity Rules

terdiri dari

-null
-Entity Integrity
-Rererential Integrity


bahasa yang digunakan adalah ada 2 yaitu:
bahasa Query Formal adalah bahasa yang diterjemahkan dengan simbol matematis yaitu : Prodesural dan non prosedural
bahasa Query Komersial adalah bahasa yang dirancang oleh programmer agar user lebih mudah memakainya (User friendly)

Thanks sudah mampir nanti kalau dapat materi akan saya share lagi
Sumber: Materi :Modern Data Base Manajement
2/27/2019 09.00 PM

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Algoritma Validasi username dan password

Algoritma kali ini ane bakal bahas tentang validasi username dan password yg udah biasa ada buat verifikasi data saat login,tanpa panjang" yuk mari disimak Algoritma input username input password jika username sama dengan user dan password sama dengan pass yang telah terdaftar di server maka akan muncul tampilan "berhasil login!" jika tidak akan muncul tampilan "maaf username atau password anda salah" Codingan berikut adalah codingan yg bisa berjalan di pemrograman bahasa C++ #include <iostream> #include <conio.h> #include <stdio.h> main() { int user, iuser, pass, ipass; user=76680; pass=30081997; printf("=========Program Validasi Login========="); printf("\n\n\tSilahkan Masukan Data\n"); printf("\nusername :"),scanf("%d",&iuser); printf("password :"),scanf("%d",&ipass); if ((iuser == user) && (ipass == pass)) printf("...

Game Algoritma & Logika Wolf Sheep & Cabbage

Logika sangat diperlukan untuk menyelesaikan berbagai masalah, kali ini saya akan mengajak para sahabat untuk bermain game logika,nama game tersebut adalah  Wolf Sheep & Cabbage. banyak versi game logika lainnya, disini saya hanya akan membahas & mengajak dengan 1 tipe permainan  Dominan Masalahnya adalah : kita harus menyebrangkan ketiga objek yaitu sayuran, domba dan serigala.  Setiap penyebrangan hanya bisa membawa satu objek. Jangan meninggalkan 2 objek yang berhubungan, misalnya sayuran dengan domba atau domba dengan serigala. baik langsung ke permainan & sekaligus pembahasannya Kondisi awalnya adalah :  Wolf Sheep & Cabbage berada disebrang sebelah kanan ( 1. Kondisi Awal) 1. Kondisi Awal Kondisi Akhirnya adalah :  Wolf Sheep & Cabbage berada di sebrang sebelah kiri (2 . Kondisi Akhir) 2. Kondisi Akhir Langkah-Langkah Algoritmanya adalah : angkat domba ke perahu pergi menuju kesebrang sebelah ...

Algoritma Fibonacci

Fibonacci Fibo 1.1                                                Fibonacci itu apa? Fibonacci adalah barisan yang diawali dengan angka dari 0 dan 1, kemudian angka berikutnya didapat dengan cara menambahkan kedua bilangan yang berurutan sebelumnya. Dengan aturan ini, maka barisan bilangan Fibonaccci yang pertama adalah:  0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, 144, 233, 377, 610, 987, 1597, 2584, 4181, 6765, 10946…dst. Saat ini saya akan membuat Algoritma Deret Fibonacci dengan Pseudocode berikut:  Pseudocode Function Fibo(n) Input: n (n  ³    0) Output: Bilangan Fibonacci ke-n if n  £  1 then     return(n) else     return(Fibo(n-1) + Fibo(n-2)) endif end Fibo berikut programnya,bisa dicoba menggunakan C/C++ dengan borland turbo C++ #include<iostream.h> #include <conio.h...