Langsung ke konten utama

Netbeans Penggunaan JLabel,JTextField,JButton

Java adalah bahasa pemrograman yang multi platform dan multi device. Sekali anda menuliskan sebuah program dengan menggunakan Java, anda dapat menjalankannya hampir di semua komputer dan perangkat lain yang support Java

Kali ini ane akan sedikit membahas tentang cara menampilkan pesan pada aplikasi yang mendukung bahasa pemrograman java yaitu Netbeans

langsung ke praktek mari disimak gan

pastikan pada interface netbeans pada area design JFrame Form


1. Pilih JTextField pada bagian Palette dibagian  Swing Controls dan Letakan Pada Jframe seperti pada gambar Step 1
Step 1
2. Ubah tulisan dari JLabel dengan cara klik dua kali pada JLabel atau klik kanan lalu pilih Edit Text hasilnya akan seperti gambar Step 2
Step 2
3. Pilih JtextField pada Palette -> Swing Controls dan letakan pada JFrame rubah variable nya menjadi txt_pesan dengan mengikuti step seperti pada gambar step 3
Step 3
4. Pilih JButton kedalam JFrame lalu ubah tulisan JButton menjadi Tampilkan Pesan dengan cara di klik kanan pada JButton lalu pilih edit text seperti pada gambar Step 4
Step 4
5.tambahkan actionPerformed dengan cara klik kanan di JButton pilih Event pilih Action pilih actionPerformed seperti digambar step 5 dan akan dialihkan ke bagian Source dimana script java berada seperti gambar 6

Step 5

Step 6
6.isikan script txt_pesan.setText("Selamat Belajar Java"); kolom script JButton1ActionPerformed hingga seperti gambar Step 7

7.lalu Runing program dengan shortcut SHIFT+F6 maka pada saat tombol Tampilkan pesan di klik maka akan muncul text "Selamat Belajar Java" seperti gambar Step 8 
Step 8
terima kasih banyak sudah mampir dimari gan
lain waktu ane bakal share lagi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Game Algoritma & Logika Wolf Sheep & Cabbage

Logika sangat diperlukan untuk menyelesaikan berbagai masalah, kali ini saya akan mengajak para sahabat untuk bermain game logika,nama game tersebut adalah  Wolf Sheep & Cabbage. banyak versi game logika lainnya, disini saya hanya akan membahas & mengajak dengan 1 tipe permainan  Dominan Masalahnya adalah : kita harus menyebrangkan ketiga objek yaitu sayuran, domba dan serigala.  Setiap penyebrangan hanya bisa membawa satu objek. Jangan meninggalkan 2 objek yang berhubungan, misalnya sayuran dengan domba atau domba dengan serigala. baik langsung ke permainan & sekaligus pembahasannya Kondisi awalnya adalah :  Wolf Sheep & Cabbage berada disebrang sebelah kanan ( 1. Kondisi Awal) 1. Kondisi Awal Kondisi Akhirnya adalah :  Wolf Sheep & Cabbage berada di sebrang sebelah kiri (2 . Kondisi Akhir) 2. Kondisi Akhir Langkah-Langkah Algoritmanya adalah : angkat domba ke perahu pergi menuju kesebrang sebelah ...

Algoritma Validasi username dan password

Algoritma kali ini ane bakal bahas tentang validasi username dan password yg udah biasa ada buat verifikasi data saat login,tanpa panjang" yuk mari disimak Algoritma input username input password jika username sama dengan user dan password sama dengan pass yang telah terdaftar di server maka akan muncul tampilan "berhasil login!" jika tidak akan muncul tampilan "maaf username atau password anda salah" Codingan berikut adalah codingan yg bisa berjalan di pemrograman bahasa C++ #include <iostream> #include <conio.h> #include <stdio.h> main() { int user, iuser, pass, ipass; user=76680; pass=30081997; printf("=========Program Validasi Login========="); printf("\n\n\tSilahkan Masukan Data\n"); printf("\nusername :"),scanf("%d",&iuser); printf("password :"),scanf("%d",&ipass); if ((iuser == user) && (ipass == pass)) printf("...

Algoritma Fibonacci

Fibonacci Fibo 1.1                                                Fibonacci itu apa? Fibonacci adalah barisan yang diawali dengan angka dari 0 dan 1, kemudian angka berikutnya didapat dengan cara menambahkan kedua bilangan yang berurutan sebelumnya. Dengan aturan ini, maka barisan bilangan Fibonaccci yang pertama adalah:  0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, 144, 233, 377, 610, 987, 1597, 2584, 4181, 6765, 10946…dst. Saat ini saya akan membuat Algoritma Deret Fibonacci dengan Pseudocode berikut:  Pseudocode Function Fibo(n) Input: n (n  ³    0) Output: Bilangan Fibonacci ke-n if n  £  1 then     return(n) else     return(Fibo(n-1) + Fibo(n-2)) endif end Fibo berikut programnya,bisa dicoba menggunakan C/C++ dengan borland turbo C++ #include<iostream.h> #include <conio.h...